Pages

Kamis, 06 Oktober 2011

FENOMENA DANGDUT KOPLO

Hampir setiap hari orang akan mendengarkan musik, ada orang yang lebih idealis mengatakan bahwa dunia akan sepi tanpa musik. Memang sangat beragam aliran musik di negara ini. Musik tradisional, pop, rock dangdut dan sebagainya. Mereka menawarkan keunikan masing masing untuk memanjakan para penikmatnya. Tidak terkecuali yang satu ini "DANGDUT KOPLO". Benar jika akar aliran musik ini berasal dari dangdut konvensional. Dengan irama yang sangat rancak dangdut koplo begitu terkenal di Jawa Timur tak terkecuali di Trenggalek. Dan dapat dipastikan panggung dangdut koplo akan selalu dipenuhi para penonton. Apa yang menarik dari dari dangdut koplo ini????
Dari segi iringan musik memang iramanya sangat kuat sehingga bisa membuat orang yang mendengarnya menjadi semangat. Atau dari penyanyinya...???Dangdut koplo tak akan laku jika si penyanyi tak bergoyang, apalagi jika tak pandai merayu penonton dengan suara suara nan seksi. Unsur inilah yang membuat masyarakat di Jawa Timur benar benar demam dangdut koplo. Tak peduli masyarakat biasa, acara acara pemerintah pun selalu ada dangdut koplo untuk hiburannya.
Lalu pernahkan kita berfikir dampak yang ditimbulkan fenomena ini?Terutama bagi anak anak yang juga menjadi penikmat dangdut koplo??
Sajian goyangan erotis, syair yang jorok dan tidak berkualitas lambat laun pasti akan merusak moral generasi muda kita. Mereka diberi tontonan yang tidak mendidik sama sekali, apalagi kalau dilihat dari segi agama jelas hal ini menjurus kepada kemaksiatan.
Anehnya pemerintah seakan menutup mata dengan hal ini. Mereka mungkin masih beranggapan bahwa pengarunya sangat kecil bagi anak anak. Lalu apa artinya, selama lebih 6 jam di sekolah dididik dengan pelajaran baik, di rumah diberi contoh contoh moral yang baik?? Kalau semuanya akan luntur, hilang karena besarnya pengaruh sesuatu hal yang mungkin dianggap sepele oleh mereka seperti tontonan DANGDUT KOPLO???
Semoga kita akan menjadi orang tua yang lebih bijak untuk mendidik anak - anak...Karena generasi kita ini butuh contoh yang baik...

2 komentar:

  1. jangan hanya dilihat dari sisi atau goyang yang menyertai dr setiap lagunya, tapi letak an bahwa ini dang dut koplo adalah suatu bagian dari seni, dilihatnya ya dari seni, ini adalah penemuan salah satu bentuk kesenian yg fenomenal. patut kita dukung.

    BalasHapus
  2. Banyak orang mengatas namakan SENI tuk tontonan vulgar. Mungkin SENI yg dimaksud adalah atas nama organ tuk seni (syahwat) masing2.

    BalasHapus